Inilah Manfaat Seledri Bagi Kesehatan

October 10, 2019

Ilustrasi oleh Pinterest

Seledri (Apium graveolens L.) merupakan sayuran daun dan tumbuhan obat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Biasanya daun seledri segar dicincang halus dan ditaburkan pada makanan.

Tidak hanya sebagai bumbu, ternyata daun seledri juga bermanfaat bagi tubuh, lho. Setiap bagian dari tanaman ini dapat digunakan dan dikonsumsi. Yuk, cari tahu manfaatnya!

1. Mengurangi Peradangan
Kandungan flavonoid dalam seledri dapat membantu sistem imun tubuh dalam melawan peradangan akibat radikal bebas. Radikal bebas yang dibiarkan dapat memicu kerusakan DNA dan sel-sel dalam tubuh sehingga mengganggu kesehatan. Untuk itu, seledri dapat membantu radikal bebas tersebut. Seledri juga membantu tubuh untuk menyerap vitamin C sehingga dapat menjaga stamina tubuh.

2. Menurunkan Tekanan Darah
Seledri memiliki zat 3-n-butyl phthalide (3nB), yaitu zat yang bisa menurunkan tekanan darah. Zat 3nB menurunkan tekanan darah dengan cara menurunkan tingkat kolesterol dan mengurangi timbunan plak yang ada dalam pembuluh darah arteri. Tak hanya itu, zat ini juga diklaim bisa menjaga elastisitas pembuluh darah yang bisa berujung pada tekanan darah yang stabil.

3. Obat Infeksi Kandung Kemih
Infeksi saluran kencing merupakan salah satu jenis infeksi yang mempengaruhi bagian yang ada pada saluran kencing seperti ginjal, ureter, kandung kemih atau uretra. Penyebab yang paling umum dari infeksi ini adalah bakteri yang berasal dari usus. Akan tetapi, virus dan jamur juga bisa saja menyebabkan infeksi ini. Biji seledri bertindak sebagai diuretik, terutama karena salah satu dari konstituen minyak seledri, butylphthalide. Mengunyah segenggam biji seledri dapat membantu meningkatkan produksi air seni.

4. Mengurangi Kadar Kolesterol
Satu batang seldri, dengan tinggi batang tujuh sampai delapan inci, hanya memiliki kalori 6 kkal. Serat yang terkandung di seledri membantu individu yang punya masalah dengan kolesterol. Ketika masuk ke dalam tubuh, serat akan mengambil kelebihan senyawa kolesterol di usus, kemudian mendorongnya keluar melalui proses eliminasi.

5. Membersihkan Ginjal
Daun seledri memiliki kandungan tinggi vitamin A, sementara batang merupakan sumber vitamin B1, B2 B6 dan C dengan pasokan kaya potasium, folat, kalsium, magnesium, besi, fosfor, natrium dan kandungan asam amino ensensial yang tinggi. Natirum organik alami yaitu garam dalam seledri sangat aman untuk dikonsumsi dan sangat penting untuk kesehatan tubuh termasuk ginjal. Seledri dapat menjadi pembersih terbaik untuk organ ginjal. Air seni yang keluar akan membawa garam dan juga racun terakumulasi dalam tubuh akibat fungsi penyaringan ginjal sehingga kesehatan ginjal akan tetap terjaga.

Tulisan ini telah dimuat pada laman http://lifestyle-indonesia.com/tidak-hanya-untuk-bumbu-masakan-ini-dia-manfaat-seledri-untuk-kesehatan/

You Might Also Like

2 komentar