Ketahui Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan

October 06, 2019

Ilustrasi oleh Pinterest

Kamu tahu kan dengan tanaman lidah buaya? Yap, tanaman berwarna hijau dengan kedua sisinya yang berduri ini adalah salah satu tanaman yang kaya manfaat, lho.

Banyak orang mengenal lidah buaya sebagai bahan alami untuk kecantikan. Namun, lidah buaya juga punya banyak kegunaan untuk kesehatan! Yuk, cari tahu di bawah ini!

1. Membantu Proses Detoksifikasi
Tubuh terkadang membutuhkan waktu untuk mengeluarkan semua racun dalam tubuh atau lebih dikenal dengan proses detoksifikasi. Dengan rajin mengkonsumsi lidah buaya, proses detoksifikasi dalam tubuh akan lebih cepat karena dibantu oleh manfaat lidah buaya itu sendiri.

2. Sumber Asam Amino
Dalam sehari tubuh membutuhkan 20 asam amino yang berbeda untuk membangun protein dan tubuh tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan 8 dari asam amino ini sendiri. Lidah buaya sendiri mengandung 7 asam amino esensial dan 19 asam amino total, sehingga lidah buaya dapat memenuhi kebutuhan asam amino dalam tubuh sehari-hari.

3. Kaya Akan Vitamin dan Mineral
Daging bagian dalam aloe vera mengandung  vitamin B, asam folat, B12, C dan E. Vitamin B mempunyai manfaat yang baik untuk saraf dan otot dalam menghilangkan ntubuh. Aloe vera juga memiliki kandungan mineral lengkap, mulai dari kalsium, kromium, sodium, selenium, magnesium, potassium mangan dan zink. Meskipun jumlahnya tidak banyak namun hal ini akan memberikan asupan yang baik untuk kebutuhan mineral tubuh.

4. Menyembuhkan Luka
Lidah buaya dapat membantu penyembuhan luka, terutama luka bakar. Gel lidah buaya memiliki efek perlindungan terhadap kerusakan radiasi pada kulit. Ketika gel lidah buaya digunakan pada luka bakar, materialnya mampu mencegah penindasan yang diinduksi oleh sinar UV, sehingga area tersebut dapat sembuh lebih cepat.

5. Membantu Sistem Pencernaan
Lidah buaya bersifat seperti obat pencahar yang akan berfungsi untuk memperbaiki gerakan dari usus sehingga akan mencegah masalah sembelit atau kesusahan buang air besar. Kandungan anti bakteri pada tanaman ini bermanfaat untuk mengurangi masalah seperti infeksi pada bagian usus. Dan untuk sifat anti inflamasi yang dimiliki lidah buaya sangat berguna untuk mencegah timbulnya gangguan di pencernaan dan menghindarkan dari masalah perut begah. Selanjutnya manfaat lidah buaya untuk kesehatan pencernaan adalah karena di dalam lidah buaya ini terdapat kandungan yang bisa membantu kinerja dari flora mikroba pada usus yang dapat membantu mengurangi penghasilan gas dalam perut.

Tulisan ini telah dimuat pada laman http://lifestyle-indonesia.com/yuk-ketahui-manfaat-lidah-buaya-untuk-kesehatan/

You Might Also Like

4 komentar

  1. Ohh ternyata banyak juga ya manfaatnya.. jadi pengen nanem lidah buaya sendiri wkwk

    ReplyDelete
  2. Aku sudah merasakan manfaat ssbagai penyembuh luka.. Belum berani buat konsumsi.. Next bikin artikel tentang cara mengelola lidah buaya jadi makanan atau minuman dong

    ReplyDelete