Makanan yang Dapat Menurunkan Kolesterol

October 06, 2019

Ilustrasi oleh Pinterest.

Kolesterol merupakan salah satu senyawa lemak (lipid) yang menyerupai lilin. Sebagian besar kolesterol diproduksi di hati serta sebagian lainnya didapatkan dari makanan. Kolesterol membantu dalam produksi sel-sel sehat, sejumlah hormon, dan vitamin D.

Meskipun dibutuhkan tubuh, kolesterol yang berlebih akan tertimbun dalam dinding pembuluh darah sehingga dapat mempersempit dan menghambat aliran darah. Akibatnya, banyak bagian tubuh yang kekurangan pasokan darah sehingga berisiko menimbulkan masalah kesehatan serius, seperti serangan jantung atau stroke.

Nah, bagaimana jika kolesterol dalam tubuh kita sudah terlanjur tinggi? Pola makan bisa menjadi solusi dalam mengatur tingkat kolesterol. Berikut makanan yang dapat menurunkan kolesterol!

1. Oatmeal
Oatmeal dapat menurunkan kadar kolesterol karena memiliki kaya akan serat. Oatmeal mengandung serat larut yang dapat mengurangi lipoprotein dengan kerapatan rendah (LDL), alias kolesterol “jahat” yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

2. Kedelai
Sumber makanan yang berasal dari kacang kedelai ataupun kacang kedelai yang telah diolah, seperti tahu, tempe, susu kedelai, atau susu kacang hijau, mengandung zat isoflavon yang berfungsi sebagai zat yang dapat menekan kolesterol jahat (LDL) agar tidak berkembang lebih banyak di aliran darah.

3. Minyak Zaitun
Minyak zaitun adalah makanan penurun kolesterol karena kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E. Kedua nutrisi ini dapat menurunkan LDL kolesterol atau lemak jahat, dan menaikkan HDL kolesterol alias lemak baik. Kamu bisa mengganti minyak goreng biasa dengan minyak zaitun untuk memasak untuk dapat membantu turunkan kadar kolesterol.

4. Ikan Salmon
Seperti yang kita tahu, ikan salmon mengandung omega 3, di mana omega 3 dapat menurunkan kolesterol. Selain mengandung omega-3, ikan salmon juga mengandung EPA dan DHA yang sangat baik bagi kesehatan dan fungsi kerja organ jantung.

5. Alpukat
Alpukat adalah salah satu buah penurun kolesterol yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik HDL, sekaligus menurunkan kadar LDL alias kolesterol jahat. Alpukat juga mengandung beta-sistosterol, sejenis lemak nabati yang berfungsi untuk mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Namun, jangan makan alpukat secara berlebihan karena alpukat memiliki kalori yang cukup tinggi.

6. Apel
Bagian kulit apel merupakan serat larut yang dapat membilas kolesterol jahat LDL dalam tubuh. Karena kulit apel mengandung plektin. Pektin bekerja dengan menyerap kolesterol dan lemak jahat dari makanan dan mengeluarkannya lewat urine dan feses. Selain kaya serat, apel juga mengandung tinggi polifenol, yaitu antioksidan kuat yang dapat mengurangi peradangan.

7. Jeruk
Kandungan vitamin C dalam jeruk dapat membantu mencegah penumpukan kadar kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit jantung. Sama seperti buah penurun kolesterol lainnya, jeruk juga kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolesterol dari makanan. Buah ini pun mengandung d-limone, yaitu senyawa kimia yang dapat melarutkan kolesterol dalam tubuh.


Tulisan ini telah dimuat pada laman http://lifestyle-indonesia.com/makanan-yang-dapat-mengurangi-kolesterol/

You Might Also Like

1 komentar