Cara Hindari Stres Saat Liburan Bersama Anak

October 10, 2019

Ilustrasi by Pinterest

Moment liburan menjadi hal yang paling ditunggu semua orang. Tak terkecuali bagi para orang tua yang ingin mengajak anaknya pergi berwisata sebagai cara menghibur diri dari rutinas sehari-hari dan sarana memberikan pengetahuan di luar rumah.

Namun, banyak para orang tua yang malah merasa lelah bahkan dilanda stres ketika mengajak anak mereka rekreasi. Hal ini biasa terjadi karena anak yang menjadi lebih rewel dan menangis terus-menerus karena merasa bosan di perjalanan.

Maka dari itu, yuk ketahui beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghindari stres saat liburan bersama anak.

1. Jaga Kesehatan Anak
Sebelum pergi liburan, moms harus pastikan anak-anak dalam kondisi yang memungkinkan untuk perjalanan jauh. Berilah makanan dan minuman dengan asupan padat nutrisi sebelum dan saat berlibur. Moms juga harus pastikan bahwa anak mendapatkan tidur cukup sehingga ia tidak akan mudah lelah.

2. Makanan Ringan dan Mainan
Saat menempuh perjalanan jauh, usahakan si kecil untuk selalu dalam keadaan ceria. Jika moms sudah merasa lelah mengajaknya bermain sepanjang perjalanan, moms bisa banget nih memberinya makanan ringan atau mainan kesukaannya sehingga anak tidak mudah bosan.

3. Tata Barang Bawaan dalam Plastik
Moms harus pandai memilih mana pakaian anak yang penting untuk dibawa berlibur. Kemudian, tempatkan pakaian tersebut di dalam kantong plastik berdasarkan hari. Lakukan hal yang sama pada barang bawaan lainnya seperti peralatan makan maupun peralatan mandi. Hal ini dapat membuat moms lebih mudah untuk menemukan barang yang diperlukan sehingga moms tidak akan repot dan kebingungan untuk mencari keperluan si kecil.

4. Komunikasi dengan Anak
Untuk menghindari terjadinya drama saat di tempat wisata, moms harus melakukan komunikasi dengan anak. Sehingga ia merasa dilibatkan dalam segala keadaan. Jangan sampai melakukan sesuatu yang membuatnya kurang nyaman. Ingat bahwa tujuan liburan adalah untuk bersenang-senang dengan keluarga.

5. Percepat Waktu Makan
Ketika berkreasi, anak akan lebih aktif bergerak. Hal ini pasti membuatnya cepat lapar. Jadi, moms harus memajukan waktu makan anak.

6. Kesabaran Tanpa Batas
Hal terpenting dari kelima point yang telah disebutkan di atas adalah rasa sabar dalam diri moms. Akan ada waktunya si kecil rewel dan mengalami tantrum, atur emosi dan jangan marahi anak. Bujuk dan ajaklah anak ke tempat yang nyaman dan tenang.

Tulisan ini telah dimuat pada laman http://lifestyle-indonesia.com/tips-bebas-stress-saat-travelling-bersama-si-buah-hati/

You Might Also Like

1 komentar

  1. Belajar banget tentang parenting dr blog ini, makasih amel hehe

    ReplyDelete