Lima Manfaat Membaca Buku

September 17, 2019


Ilustrasi oleh Pinterest

Membaca adalah salah satu kegiatan yang hampir setiap orang pernah melakukannya. Entah untuk memperkaya diri dengan berbagai informasi atau sekadar mengisi waktu luang. Namun, bagi beberapa orang membaca buku merupakan kegiatan wajib di sela-sela rutinitas mereka.

Apakah kamu termasuk orang yang gemar membaca? Kalau iya, beruntung banget nih! Karena ternyata banyak banget lho  yang akan kamu dapatkan dari membaca buku. Seperti pepatah yang mengatakan bahwa, “Buku adalah jendela dunia”. Berikut manfaat yang akan kamu dapatkan dari membaca:

1. Menambah Wawasan

Buku adalah gudang ilmu. Dengan banyak membaca buku, kamu akan mendapatkan banyak wawasan. Wah, kok bisa ya? Tentu saja, saat membaca kamu akan menemukan berbagai persoalan yang disertai sebab dan akibatnya. Saat kamu membaca, kamu pasti akan paham bagaimana masalah tersebut dapat diatasi. Jadi, semakin banyak membaca, kamu akan semakin berwawasan.

2. Meningkatkan Konsentrasi

Saat kamu larut dalam cerita atau segala hal yang ada dalam buku, otak kamu akan bekerja lebih mendalam. Artinya, otak akan fokus dalam mencerna apa yang ada pada bacaaan tersebut. Jika kamu membaca buku setiap hari secara rutin, maka otak akan terlatih untuk berkonsentrasi.

3. Mengurangi Stres

Menurut hasil penelitian yang dilakukan University of Sussex, kegiatan membaca dapat membantu untuk meredakan tingkat stres, bahkan sampai 68 persen. Menurut para psikolog yang terlibat dalam penelitian tersebut, saat kita fokus pada kata-kata yang ada dalam bahan bacaan itu dapat mengurangi ketegangan yang dirasakan oleh otot dan jantung. Sehingga, tubuh menjadi lebih rileks dan stres yang dirasakan juga berkurang. Buku yang yang paling tepat untuk membantu meredakan stres adalah buku fiksi, seperti novel atau kumpulan cerita.

4. Mencegah Penyakit Alzheimer

Dengan membaca, kamu melatih kemampuan otakmu setiap saat. Rangsangan pada otak yang dihasilkan saat membaca, dapat meminimalisir resiko terjangkit gangguan otak. Seperti alzheimer dan dimensia. Dengan catatan, bacalah hal-hal yang positif dan hindari yang negatif. Sebab, membaca hal negatif justru berdampak buruk untuk otak.

5. Menumbuhkan Keterampilan Menulis

Ketika terbiasa membaca buku karya orang lain, secara tidak langsung akan memberikan dampak positif terhadap dirimu, lho. Dengan kamu mengamati gaya tulisan, aliran, dan irama penulisan orang lain dapat membuat diri kita termotivasi untuk menulis dengan cara yang lebih baik.

Yuk, mulai rajin membaca buku!

Tulisan ini telah dimuat pada laman https://mentalization.id/2019/05/17/lima-manfaat-yang-akan-kamu-dapatkan-dari-membaca/

You Might Also Like

1 komentar

  1. ternyata baca buku bisa meminimalisir resiko terjangkit gangguan otak ya.. harus banyak2 baca deh dr sekaranggg

    ReplyDelete