Manfaat Saffron untuk Kecantikan

November 03, 2019

Ilustrasi by thepersianfusion.com

Saat ini saffron tengah hits di masyarakat. Pasalnya, banyak artis dan influencer yang mempromosikan dan menjelaskan ragam manfaat dari saffron dalam akun media sosialnya. Beragam toko belanja online pun berlomba menjual rempah yang satu ini.

Saffron berasal dari bunga Crocus sativus yang memiliki tiga kepala putik (stigma) berwarna merah dimana rempah ini mempunyai wangi yang sangat harum, namun rasanya pahit.

Fakta menariknya, saffron merupakan komoditas rempah yang termahal di dunia berdasarkan timbangan karena jumlah putiknya sedikit dan proses budidayanya masih bergantung pada tangan manusia.

Saffron mengandung zeaksantin, likopena, dan berbagai α-, β-karoten vitamin A, asam folat, riboflavin, niasin, vitamin C, dan banyak mineral yang penting bagi tubuh. Selain digunakan sebagai bumbu masakan dan bahan pewarna, ternyata saffron memiliki banyak manfaat lain untuk kecantikan. Berikut lima manfaat saffron bagi kecantikan.

1. Mencerahkan Kulit
Saffron memiliki sifat pemutih kulit alami lebih tinggi dibandingkan dengan bahan herbal lain. Untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah dan bersinar, kamu dapat menggunakan saffron sebagai masker.

Caranya adalah dengan mencampurkan beberapa tangkai saffron, dua sendok bubuk cendana, dan susu bubuk secukupnya hingga menjadi pasta. Aplikasikan pada wajah yang telah dibersihkan secara merata, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air.

2. Mengatasi Jerawat
Sifat anti-bakteri yang terdapat di dalam bunga saffron berguna untuk mengurangi jerawat di wajah. Kamu membutuhkan segelas susu untuk merendam 5-7 tangkai saffron. Biarkan selama ± 3 jam.

Jika warna susu telah berubah menjadi kekuningan, tuangkan campuran susu dan saffron tersebut pada beberapa lembar kapas. Lalu aplikasikan kapas di area wajah yang berjerawat. Biarkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air. Terapkanlah cara ini selama 4-5 kali dalam seminggu untuk mengatasi jerawat.

3. Melembapkan Kulit
Jika kamu memiliki kulit kering, perawatan dengan saffron adalah jawabannya. Untuk mendapatkan kulit yang lembab dan segar, rendamlah beberapa tangkai saffron serta bunga mawar dalam air.

Gunakan air campuran saffron dan mawar tersebut untuk membasuh wajah kamu. Kandungan asam amino dan collagen yang tinggi dalam saffron dapat melembabkan dan menyegarkan kulit.

4. Mengurangi Flek Hitam di Wajah
Jika kamu ingin mengurangi bintik-bintik atau flek hitam pada kulit wajah, perawatan dengan saffron dapat menjadi pilihan.

Flek hitam yang muncul karena terpapar oleh sinar matahari atau sinar ultraviolet (UV) ini dapat diatasi dengan mencampur safron, bubuk cendana, dan susu. Aduk hingga jadi pasta, lalu oleskan pada flek hitam di wajah. Setelah pasta menjadi kering, bilas dengan air yang mengalir. Lakukan perawatan wajah ini secara teratur setiap hari.

5. Menghilangkan Mata Panda
Melakukan perawatan rutin setiap hari dengan saffron dapat menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata atau mata panda, lho.

Rendam bunga saffron ke dalam air bersih selama semalam. Lalu, tmbahkan minyak kelapa ke dalam airnya pada keesokan harinya. Oleskan air rendaman saffron dan campuran minyak kelapa tersebut di bagian bawah mata yang menghitam. Jangan lupa untuk melakukan pijatan dengan lembut pada area bawah mata.

Bagaimana, cukup mudah bukan untuk melakukan perawatan kulit wajah dengan saffron? Bahan-bahan yang digunakan pun dapat kamu temui di rumah. Selamat mencoba.

You Might Also Like

0 komentar