Kenali 10 Langkah Skincare Ala Korea

October 29, 2019

Ilustrasi by Pinterest.

Demam Korea nampaknya sedang digemari sebagian wanita. Mulai dari musik Kpop, fashion, hingga perawatan kecantikan. Seperti yang terjadi belakangan ini, 10 langkah perawatan ala wanita Korea sedang tren di kalangan beauty influencer.

Seperti yang kita ketahui bahwa para wanita negeri ginseng ini memiliki kulit wajah yang bersih serta glowing. Hal tersebut didapatkan dari keuletan dalam merawatnya. Tak tanggung-tanggung, mereka pun melakukan 10 rangkaian untuk perawatan kulit wajah. Mulai dari penggunaan facial wash hingga sheet mask.

Dilansir dari berbagai sumber, 10 langkah perawatan kulit wajah ini dimulai dari penggunaan produk yang memiliki konsistensi paling cair kemudian diakhiri dengan produk berkonsistensi paling kental atau creamy.

Lalu, bagaimana sih langkah yang selengkapnya dalam menerapkan 10 langkah perawatan ala wanita Korea? Yuk, simak berikut ini.

1. Oil Cleanser
Langkah pertama yang dilakukan adalah membersihkan wajah dengan menggunakan produk pembersih berbahan dasar minyak atau oil cleanser. Produk pembersih ini mampu melarutkan minyak pada wajah dan mengangkat kotoran di dalam pori-pori.

Oil cleanser juga efektif dalam membersihkan make up yang waterproof sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk menggosok-gosok kulit wajah dengan kapas.

Penggunaan oil cleanser akan membuat kulit wajah bersih, halus, dan terjaga kelembapannya karena cleansing oil menjaga pH kulit tetap seimbang tidak seperti halnya oil-free cleanser yang mengeluarkan kandungan minyak alami dalam kulit.

Selain cleansing oil, kamu dapat menggunakan cleansing wipes atau cleansing cream karena keduanya sama-sama merupakan produk yang berbahan dasar minyak.

2. Water-based Cleanser
Langkah kedua yaitu, membersihkan wajah dengan produk water-based cleanser. Water-based cleanser adalah produk pembersih yang menggunakan air sebagai bahan dasarnya. Produk water-based cleanser memiliki tekstur ringan sehingga akan lebih nyaman digunakan dan cepat meresap ke dalam kulit.

Penggunaan water-based cleanser akan membantu mengangkat sisa-sisa make up sehingga kulit wajah akan terasa lebih bersih. Water-based cleanser ini terdiri dari partikel kecil yang tersuspensi dalam air murni sehingga dapat bertindak seperti magnet untuk mengangkat kotoran. Dalam langkah ini, kamu dapat menggunakan micellar water, facial foam, maupun facial wash.

3. Exfoliator
Langkah ketiga adalah penggunaan produk exfoliator. Exfoliator merupakan produk yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit wajah akan terasa bersih dan halus. Bagi kamu yang setiap harinya menggunakan make up, perlu melakukan exfoliate rutin selama dua kali dalam seminggu.

Dengan terangkatnya sel-sel kulit mati tersebut, maka penggunaan produk perawatan wajah akan bekerja lebih maksimal. Produk exfoliator ini dibagi menjadi dua, yaitu physical exfoliator dan chemical exfoliator.

Physical exfoliator dilakukan dengan menggunakan bahan atau alat bantu dalam mengexfoliate. Produk physical exfoliator ini biasanya berbentuk scrub atau lulur sehingga harus dibantu dengan menggosok manual pada wajah menggunakan sikat, spons, atau handuk lembut. Sedangkan chemical exfoliator merupakan proses exfoliate yang menggunakan bahan-bahan kimia untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.

Chemical exfoliator ini bisa berupa toner, maupun lotion dan biasa digunakan dengan menuangnya di kapas lalu diusapkan lembut pada wajah.

4. Toner
Langkah keempat adalah menggunakan toner. Setelah selesai membersihkan wajah, kamu perlu mengaplikasikan toner agar kadar pH dalam kulit wajah kembali seimbang.

Tidak hanya itu, toner juga dapat berfungsi untuk menenangkan, menghaluskan dan mempersiapkan kulit untuk menerima perawatan wajah selanjutnya seperti pemakaian serum dan cream.

Saat menggunakan toner, pilihlah produk yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit. Misalnya, untuk jenis kulit kering, gunakan toner yang bisa melembabkan. Cara penggunaan toner pun cukup mudah. Tuangkan toner pada telapak tangan, kemudian tepuk-tepuklah wajah secara lembut agar toner dapat meresap dengan baik.

5. Essence
Langkah kelima adalah menggunakan essence. Essence merupakan sejenis toner atau serum yang dikombinasikan.

Essence memiliki kemampuan untuk mengikat molekul air di dalam kulit sehingga kulit tetap terhidrasi.

Selain itu, essence juga membantu perbaikan kulit serta dapat menghasilkan sel kulit baru sehingga terhindar dari penyumbatan pori-pori atau jerawat. Cara pengaplikasiannya sama dengan saat menggunakan toner yaitu, tuangkan essence pada telapak tangan, usapkan pada wajah, lalu tepuk pelan wajah sehingga produk essence dapat menyerap maksimal.

6. Treatment
Langkah keenam yaitu, melakukan treatment pada wajah. Treatment adalah tahap penyempurnaan kulit. Dalam hal ini, produk yang digunakan sebagai treatment berupa boosters, serum, dan ampoule.

Ketiga produk treatment tersebut pada dasarnya adalah essence yang berkonsentrat tinggi. Penggunaan produk treatment dapat membantu dalam mengatasi masalah kulit di wajah, seperti kulit berjerawat, kulit kusam, atau anti aging.

Pilihlah produk yang memang sesuai dengan kebutuhan kulit. Dalam penggunaannya, kamu hanya perlu 1–3 tetes produk treatment lalu ratakan pada wajah dengan telapak tangan.

7. Sheet Mask
Langkah ketujuh adalah penggunaan sheet mask. Di Korea, produk sheet mask sangat menjamur. Hampir setiap brand kosmetik di sana mengeluarkan produk berupa sheet mask.

Sheet mask merupakan masker dalam bentuk lembaran yang sudah direndam essence atau kandungan lain yang bermanfaat untuk kulit. Sheet mask digunakan selama 10–15 menit untuk satu kali pakai dan langsung dibuang.

Hindari penggunaan sheet mask hingga kering karena hal tersebut dapat membuat kulit wajah terasa kering. Gunakanlah sheet mask secara rutin agar kulit terasa lebih lembab dan kenyal.

8. Eye Cream
Langkah kedelapan adalah penggunaan eye cream. Sesuai namanya, eye cream merupakan produk yang digunakan khusus untuk area kulit sekitar mata.

Penggunaan eye cream dibutuhkan karena kulit sekitar area mata sangatlah tipis dan halus. Selain dapat melembabkan, eye cream juga dapat membantu regenerasi kulit sehingga terhindar dari dark circle dan kulit akan terasa lebih kencang.

Saat ingin mengaplikasikannya, kamu hanya membutuhkan eye cream seukuran kacang polong. Lalu, oleskan eye cream secara perlahan menggunakan jari manis atau kelingking di sepanjang tulang orbital, atau rongga mata, bukan pada kelopak mata.

9. Moisturizer
Langkah berikutnya yaitu penggunaan moisturizer atau pelembab. Moisturizer dapat membantu wajah terhindar dari kekeringan yang bisa menyebabkan kulit kusam.

Bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak, penggunaan moisturizer pun sangatlah perlu. Semua jenis kulit membutuhkan moisturizer. Kini, moisturizer telah hadir dengan beragam formula, mulai dari emulsion, lotion, gel, atau cream.

Pilihlah yang paling sesuai dengan jenis kulit. Saat menggunakan moisturizer, jangan lupa untuk menepuk-nepuk kulit wajah dan leher secara perlahan. Hal ini dapat membantu penyerapan produk di kulit dengan lebih maksimal.

10. Sun Screen
Setelah semua rangkaian produk perawatan wajah dilakukan, langkah terakhir dan yang paling penting adalah menggunakan sun screen. Sun screen merupakan produk berupa lotion yang berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Dengan menggunakan sun screen saat beraktivitas di dalam maupun luar ruangan, wajah akan terhindar dari paparan sinar matahari langsung yang dapat membuat kulit terbakar dan mencegah kanker kulit.

Selain itu, sun screen juga dapat mencegah penuaan dini. Jadi, jangan lupa untuk menggunakan sun screen setiap hari serta aplikasikan secara rutin sesuai kebutuhan, ya!

You Might Also Like

0 komentar