5 Cara Aman Menggunakan Alat Penyedot Komedo

November 03, 2019

Ilustrasi by tribunnews.com

Komedo yang muncul di sekitar hidung, dagu, atau bagian wajah lain rasanya dapat mengganggu penampilan. Tidak heran, jika ada banyak produk atau alat khusus penyedot komedo.

Alat penyedot komedo cenderung lebih berpengaruh dalam menghilangkan komedo. Alat ini bekerja dengan membuka pori-pori di wajah dan menyedot komedo di lapisan kulit.

Penggunaannya yang tanpa diawasi oleh ahli kecantikan dikhawatirkan dapat menimbulkan efek negatif pada kulit. Berikut cara aman ketika menggunakan alat penyedot komedo.

1. Pastikan Wajah Tidak Sedang Iritasi
Sebelum menggunakan alat penyedot komedo, pastikan wajah kamu sedang tidak iritasi atau ada luka. Jika kulit wajah sedang dalam kondisi tidak sehat, alat tersebut dapat memperparah kulit atau bahkan menimbulkan luka baru.

2. Bersihkan Wajah dan Alat Sebelum Digunakan
Sebelum menggunakan alat penyedot komedo, pastikan alat tersebut sudah steril dari kotoran. Jangan sampai alat yang kotor membuat wajah kamu terkontaminasi dan memicu munculnya jerawat. Selain alat yang harus steril, pastikan juga wajah bersih. Gunakan milk cleanser, kapan, dan air yang mengalir.

3. Lakukan Penguapan pada Wajah
Komedo merupakan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit. Menghilangkan komedo dapat dengan mudah dilakukan jika wajah diuapkan terlebih dahulu. Siapkan air panas dan tuangkan pada wadah, arahkan wajah kamu ke uap air panas tersebut. Hal ini dilakukan untuk membuka pori-pori kulit sehingga  komedo dapat dengan mudah dikeluarkan.

4. Gunakan Kecepatan Sedang
Alat komedo bekerja dengan cara menyedot bagian pori-pori kulit, maka gunakan kecepatan yang sedang saja agar kulit tidak tertarik terlalu kencang dan menimbulkan bekas. Jangan terlalu kencang atau keras karena dikhawatirkan dapat menimbulkan iritasi pada wajah.

5. Basuh Wajah dengan Air Dingin
Setelah melakukan penguapan dan mennggunakan alat penyedot komedo, pori-pori kulit akan terbuka. Maka diperlukan cara untuk menutup pori-pori tersebut agar tidak tersumbat oleh kotoran penyebab jerawat. Caranya dengan membasuh wajah dengan air dingin.

Itulah lima tips aman yang dapat kamu terapkan saat  menggunakan alat penyedot komedo. Selamat mencoba.

You Might Also Like

0 komentar