Waspadai Tanda Toxic Relationship

November 03, 2019

Ilustrasi by Unsplash.com

Sebelum memutuskan ke arah yang lebih serius dengan pasangan, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu, nih. Apakah hubunganmu dengan si dia telah terjalin dengan baik atau secara tidak sadar hubungan kamu selama ini merupakan toxic relationship.

Wah, apa sih toxic relationship itu?
Toxic relationship atau hubungan tidak sehat yang merugikan dapat terjadi pada siapa saja. Dari luar mungkin hubunganmu terlihat harmonis dan bahagia. Namun sebenarnya, bagi kamu yang menjalaninya, kamu merasa tertekan oleh hubungan tersebut.

Kamu harus waspada terhadap toxic relationship ini. Apabila kamu mengalaminya, tetapi dibiarkan secara terus menerus dapat berpengaruh pada kesehatan mental, lho. Yuk, kenali tanda-tanda toxic relationship yang dikutip dari laman psychologytoday.com berikut ini.

1. Tidak pernah memberikan dukungan satu sama lain. Kamu selalu mengukur kebahagiaan dengan cara melihat orang lain.

2. Pasangan berusaha menjauhkan kamu dari lingkungan seperti hubungan dengan keluarga maupun teman-temanmu.

3. Dia selalu merasa paling pintar dan menganggap kamu bodoh. Pasanganmu akan selalu melarang kamu untuk melakukan hal-hal baru karena dia menganggap bahwa kamu pasti tidak akan memahami hal tersebut.

4. Pasangan tidak menghargai perbedaan pendapat terlebih tentang penolakan. Kamu tidak bisa berkata ”tidak” pada sesuatu.

5. Secara tersirat, dia hanya menghargai kamu untuk suatu hal. Apakah entah itu tentang seks,
penampilan, atau kemampuan kamu dalam menghasilkan uang.

6. Kamu tidak dapat mengetahui apa saja hal-hal positif maupun negatif yang ada dalam diri satu sama lain. Padahal hal tersebut dapat membantu kamu untuk mengenal pasangan secara lebih jauh.

7. Dia membuat kamu merasa tidak nyaman pada diri sendiri. Misalnya, dia terus menerus
mempermasalahkan berat badan. Hal ini dapat membuat kamu merasa minder atau insecure.

8. Kamu tidak mendapatkan kepastian dalam hubungan. Dia terus mencoba untuk mengkahiri hubungan dalam beberapa bahkan berulang kali.

9. Kamu merasa bahwa dirimu bukan pribadi yang baik. Kamu selalu mengganggap bahwa kamu adalah orang yang buruk dan tidak ada hal positif dalam diri kamu sendiri.

10. Pasangan kamu tidak tertarik atau tidak mengapresiasi kesuksesan yang kamu raih. Dia cenderung meremehkan dan mengganggap bahwa prestasimu adalah hal yang biasa.

Jika kamu mengalami salah satu tanda toxic relationship seperti yang telah diuraikan di atas, segera lah untuk berkomunikasi dengan pasangan. Cari jalan terbaik menurut kamu dan dia agar hubungan yang telah terjalin bisa lebih baik.

You Might Also Like

0 komentar