PKN 2019 Ajak Nostalgia Permainan Tradisional

October 17, 2019

Sumber foto: Dok. Pribadi

Perhelatan bertajuk Pekan Kebudayaan Nasional atau PKN resmi diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayan RI pada 7-13 Oktober 2019. Bertempat di Istora Senayan, Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta.

PKN menampilkan beragam acara dengan mengusung tema kebudayaan Nusantara. Salah satunya yaitu, kompetisi permainan tradisional. Kompetisi ini melibatkan para pengunjung dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Adapun permainan tradisional yang dilombakan, di antaranya Terompah Panjang, Gasing, dan Egrang. Para pengunjung dapat dengan bebas memilih mana permainan tradisional yang ingin mereka coba.

Selain beragam lomba permainan tradisional, kehadiran permainan rakyat ini juga memanggil kembali kenangan-kenangan masa kecil bagi anak zaman dahulu. Seperti yang dirasakan oleh Eva, salah satu pengunjung PKN 2019, "Mungkin karena kita datang dari daerah terus liat permainan tradisional ini jadi nostalgia. Sepanjang keliling tadi berasa kembali kecil lagi," ungkapnya.

Ia menambahkan, Pekan Kebudayaan Nasional ini bisa mengedukasi anak-anak masa kini sehingga mereka tahu permainan rakyat tradisional. "Anak-anak sekarang pasti ngerasanya ini aneh ya, permainan apa. Tapi dengan adanya acara ini mereka kan jadi tau dan diajarkan untuk melestarikan budaya walaupun permainan tradisional ini sudah jarang ditemui. Apalagi di kota,".

Eva pun berharap semoga acara seperti ini bisa rutin diadakan. Tidak hanya di ibu kota tetapi juga di daerah-daerah sehingga setiap provinsi dapat berpartisipasi. "Ini kan nilai budaya lokal, jadi penting banget buat dijaga. Kalau bisa sampai ke daerah-daerah lain lebih bagus," jelasnya.

Sumber foto: Dok. Pribadi.

Selain permainan-permainan tradisional yang dapat dicoba langsung oleh pengunjung, acara ini juga menampilkan beragam instalasi kesenian bertema permainan rakyat sehingga dapat dijadikan spot foto yang menarik.

You Might Also Like

0 komentar