Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Skincare

October 17, 2019

Ilustrasi by Pinterest

Banyaknya pilihan skin care di pasaran pasti pernah membuat kamu bingung, mana sih produk yang cocok untuk kulitmu?

Tentu saja, selain untuk mengatasi masalah kulit kamu juga menginginkan hasil yang maksimal seperti kulit yang bersih, cerah, dan glowing, bukan? Jika iya, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum membeli produk skin care. Yuk, simak!

1. Ketahui Jenis Kulit
Sebelum membeli produk skin care, kamu wajib untuk mengetahui jenis kulit wajahmu. Jangan sampai kulit kamu mengalami iritasi karena salah memilih produk, ya.

Kamu bisa mengetahui jenis kulit berdasarkan elastisitas kulit, kandungan minyak yang memengaruhi kelembutan dan nutrisi kulit, serta tingkat kepekaan kulit terhadap zat tertentu. Pada umumnya, jenis kulit terbagi menjadi beberapa kategori, yakni jenis kulit normal, kulit berminyak, kulit kering, dan kulit wajah sensitif.

2. Sesuaikan dengan Kebutuhan Kulit
Jika sudah mengetahui jenis kulit, kamu akan lebih mudah untuk memilih mana produk skin care yang dibutuhkan. Misalnya, jika kamu memiliki kulit kering maka kamu harus menggunakan produk yang melembabkan. Apabila kulit kamu berminyak dan mudah berjerawat, pilihlah skin care yang memang khusus untuk mengurangi kadar minyak dan membantu dalam mengatasi jerawat.

3. Ketahui Komposisi Produk
Jika sudah mengetahui produk skin care yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu, kamu juga wajib untuk melihat komposisi yang tertera di dalamnya.

Kamu harus teliti terhadap bahan atau zat yang sebaiknya dihindari karena beda jenis kulit beda juga pantangannya. Misalnya, hindari fragrance dan alkohol bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Jika salah menggunakan skin care, kulit kamu dapat terkena iritasi. Jadi, kamu harus cermat dan pandai membaca komposisi dalam produk skin care sebelum membelinya, ya!

4. Hindari Mengikuti Tren
Saat menonton video ulasan beautyvlogger atau membaca review pada website kecantikan, secara tidak sadar pasti kamu pernah tersugesti untuk membeli. Padahal, belum tentu apa yang mereka rasakan saat menggunakan produk skin care tersebut juga akan berpengaruh sama di kulit kamu. Bisa saja sama cocoknya. Bisa juga malah memperparah kondisi kulitmu.

Selain dua kemungkinan tersebut, terlalu mengikuti tren dalam menggunakan skin care juga dapat menguras kantongmu, loh. Bayangkan jika setiap bulannya kamu harus menggunakan uang saku atau bahkan uang tabungan untuk membeli produk skin care, kamu akan banyak mengeluarkan uang yang seharusnya bisa digunakan untuk hal lain.

Alangkah baiknya untuk bijak dalam memilih produk skin care, jangan hanya sekadar mengikuti tren karena tren akan selalu berubah dari waktu ke waktu.

5. Pastikan Kehalalan Produk
Sebagai muslimah, penting bagi kamu untuk memastikan kehalalan produk skin care sebelum membelinya. Bukan hanya kandungan atau komposisi produk saja, tetapi proses pembuatannya pun harus sesuai dengan syariat Islam.

Lalu, bagaimana sih untuk mengetahui bahwa skin care yang kamu pilih tersebut halal? Beberapa kriteria skin care halal bisa kamu lihat dari kemasannya. Misalnya  terdapat label Animal Cruelty Free (ACF), label halal MUI dan kode BPOM.

6. Cek Keaslian Produk
Banyaknya produk skin care yang beredar di pasaran tidak menutup kemungkinan adanya produk palsu, lho. Ada beberapa oknum yang sengaja mencari keuntungan dengan cara membuat produk tiruan yang bahan dan proses pembuatannya tidak teruji secara klinis.

Untuk menghindari produk palsu yang bisa mengancam kesehatan kulit dan kerugian material, kamu bisa mengatasinya dengan dua cara. Yang pertama yaitu, belilah produk skin care secara langsung di toko atau website resminya. Yang kedua, jika kamu membeli produk skin care secara online atau skin care dari luar negeri seperti produk Korea, kamu dapat mengecek keasliannya dengan cara memindai atau scan barcode yang tertera pada kemasan produk. Kamu bisa mengunduh aplikasi bernama HiddenTag.

Dengan aplikasi tersebut, kamu  dapat mengetahui rincian produk. Jika produk tidak dapat discan atau tidak menampilkan rincian produk maka dapat dipastikan jika skin care yang kamu beli adalah tiruan. Hiii, serem juga, kan? Kulitmu bisa jadi taruhannya, lho. Jadi, teliti sebelum membeli, ya!

Itulah beberapa tips yang dapat kamu terapkan dalam memilih dan membeli produk skin care. Semoga bermanfaat!

You Might Also Like

0 komentar