Kenali Jenis-Jenis Bedak

October 17, 2019

Ilustrasi by Pinterest

Bedak menjadi salah satu bagian penting saat merias wajah. Biasanya bedak digunakan untuk meratakan warna kulit, menutupi kekurangan pada wajah, dan menyempurnakan riasan.

Bentuknya pun beragam bisa berupa bedak tabur atau bedak padat. Namun, tidak hanya dua jenis itu saja, lho. Sebenarnya, ada beragam jenis dan fungsinya pun berbeda. Yuk simak!

1. Loose Powder
Loose powder atau bedak tabur berbentuk bubuk lembut sehingga terasa ringan saat digunakan. Bedak tabur cocok bagi pemilik kulit berminyak. Formulanya yang ringan dapat menyerap minyak lebih baik sehingga cocok untuk kulit yang berminyak. Biasanya, loose powder memiliki kemasan yang cukup besar seperti jar sehingga tidak travel friendly.

2. Compact Powder
Seperti namanya, bedak ini berbentuk compact atau padat. Memiliki tekstur yang cukup berat dan mengandung moisturizer sehingga cocok digunakan bagi pemilik kulit kering. Compact powder memiliki kemasan praktis untuk dibawa kemanapun. Teksturnya yang padat juga membantu bedak ini tidak mudah tumpah.

3. Two Way Cake Powder
Bedak jenis ini memiliki kandungan foundation sehingga dapat mempermudah saat merias wajah. Formulanya yang lebih berat dari bedak biasanya pun menjadi nilai lebih karena dapat menyamarkan pori-pori, bintik hitam, dan jerawat pada kulit wajah. Kemasan Two Way Cake Powder biasanya sudah dilengkapi dengan kaca dan spons sehingga lebih mudah digunakan ketika touch up.

4. Translucent Powder
Bedak ini memiliki bentuk seperti bedak tabur namun hasilnya tidak mengubah warna kulit saat digunakan. Dengan menggunakan translucent powder, riasan wajah akan terlihat lebih natural. Biasanya, bedak jenis ini digunakan sebagai setting powder yang dapat menjaga foundation dan concealer sehingga lebih tahan lama.

5. Mineral Powder
Seperti namanya, bedak ini memiliki kandungan mineral di dalamnya. Mineral Powder memberikan hasil akhir halus di kulit karena teksturnya ringan. Bedak jenis ini cocok digunakan untuk pemilik kulit sensitif karena diperkaya kandungan zinc oksida atau titanium oksida. Mineral Powder cocok digunakan untuk riasan sehari-hari.

6. Finishing Powder
Finishing Powder merupakan bedak khusus yang digunakan setelah selesai merias wajah. Berfungsi untuk mengunci make up, mendapatkan hasil akhir riasan yang lebih smooth dan flawless dengan menyamarkan tampilan pori-pori serta garis halus pada wajah. Finishing Powder biasanya digunakan oleh Make Up Artist saat mendandani orang atau selebriti pada acara-acara tertentu.

Keenam jenis bedak di atas dapat diaplikasikan dengan spons atau brush. Jangan lupa untuk memilih bedak sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan kamu, ya!

You Might Also Like

1 komentar