Lima Cara Mengatasi Perut Buncit

October 14, 2019

Ilustrasi by Pinterest

Selain menggangu penampilan, perut buncit juga bisa menjadi tanda bahwa kondisi kesehatanmu sedang tidak baik, lho. Karena perut buncit disebabkan oleh adanya penimbunan lemak.

Biasanya hal ini terjadi karena asupan makanan energi yang berlebihan bagi tubuh. Khususnya makanan yang tinggi gula dan kolesterol. Bagi kamu yang ingin mengatasi perut buncit, yuk simak tips berikut ini!

1. Perbanyak Olahraga
Seperti yang kita tahu, untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap prima, kita perlu berolahraga. Hal tersebut pun berlaku jika kamubmemiliki perut buncit. Dengan banyak bergerak saat berolahraga, lemak dan kalori yanga ada akan terbakar. Kamu bisa senam aerobik, berenang, jogging, atau bersepeda untuk mengecilkan perut buncit. Lakukan olahraga secara teratur minimal 3x seminggu dengan durasi masing-masing minimal 30 menit.

2. Kurangi Aktivitas Ngemil
Rasanya, semua orang pasti suka ngemil. Jangan anggap remeh kebiasaan ini ya, ngemil juga ikut andil dalam membuat perutmu buncit! Mulai sekarang, hindari makanan ringan yang terlalu banyak mengandung pemanis buatan dan perasa makanan karena tidak dapat direcna dengan baik oleh tubuh. Untuk tetap bisa ngemil, kamu perlu mengganti makanan ringan tadi menjadi makanan yang lebih sehat seperti sayur-sayuran atau buah yang dibuat salad, selain tinggi akan serat juga menyehatkan, bukan?

3. Jangan Makan Sebelum Tidur
Kamu perlu mengatur dan mengontrol pola makan jika ingin bebas dari perut buncit! Salah satunya adalah jadwalkan makan malam dua atau tiga jam sebelum tidur. Kamu juga harus memilih makanan yang mudah dicerna saat malam sehingga tubuh tidak bekerja terlalu ekstra. Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan sebagai menu makan malam karena buah bisa dicerna lebih cepat dan didorong dari perut ke usus lebih awal dibandingkan dengan makanan yang mengandung banyak protein atau karbohidrat.

4. Perbanyak Minum Air Putih
Dengan memperbanyak minum air putih, bisa membantumu untuk atasi perut buncit. Karena air putih dapat membersihkan racun dan membantu tubuh memperbaiki metabolisme lemak sehingga lebih mudah dibakar dan dijadikan energi. Selain itu, air putih juga tidak mengandung kalori sehingga sangat membantu perutmu kenyang. Minumlah banyak air putih saat pagi hari setelah kamu bangun tidur, sebelum makan, saat kamu ingin ngemil, dan saat malam hari sebelum tidur.

5. Atur Pola Tidur
Aturlah pola tidur kamu secara ideal yaitu sebanyak 7 – 8 jam setiap malam. Hal ini bukan tanpa alasan lho. Jika kamu tidur kurang dari waktu yang disebutkan di atas, maka tingkat kortisol (hormon stress) akan meningkat dan bisa menyebabkan kamu mengonsumsi makanan dengan tingkat gula yang berlebihan untuk menggantikan tenaga yang tidak didapat karena kurangnya jam tidur. Tidur yang cukup dan berkualitas setiap malamnya dapat menyeimbangkan kadar kortisol sekaligus meningkatkan produksi leptin atau hormon yang dapat membuatmu mengontrol nafsu makan.

Tulisan ini telah dimuat pada laman http://lifestyle-indonesia.com/yuk-lakukan-tips-ini-agar-terbebas-dari-perut-buncit/

You Might Also Like

4 komentar

  1. Makasi infonyaa semoga perut ak nggak buncit lagi wkoqkwo

    ReplyDelete
  2. Paling susah ngehindarin makan sebelum tidur dan ngemil huftt

    ReplyDelete
  3. isinya bagus, cuma backgroundnya coba diubah supaya tampilan lebih menarik.

    ReplyDelete