Wisata Alam Gunung Pancar Padat Pengunjung

September 11, 2019


Pengunjung saat antre di depan pintu masuk Taman Wisata Gunung Pancar, Bogor, pada Sabtu (31/3).

Taman Wisata Gunung Pancar, Bogor, banjir pengunjung pada Sabtu (31/3). Hal ini dikarenakan Hari Libur Nasional memperingati Wafatnya Isa Al Masih sejak Jumat kemarin yang disusul libur akhir pekan, Sabtu dan Minggu.

Taman Wisata Gunung Pancar terletak di Kampung Ciburial, Desa Karangtengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Menawarkan berbagai pilihan rekreasi seperti wisata hutan pinus, kemah, outbound, piknik keluarga, tempat bermain anak, dan pemandian air panas. Dengan harga tiket masuk khusus hari libur untuk perorang sebesar Rp7.500,-. Biaya parkir sepeda motor Rp7.500,-, mobil Rp Rp15.000,-, dan bus Rp75.000,-.

Kawasan Taman Wisata Gunung Pancar ini berada pada ketinggian 300 – 800 di atas permukaan laut. Dengan ditumbuhi vegetasi beragam yang didominasi oleh pohon pinus.

Pemandangan alamnya sangat indah saat diabadikan sehingga PT Wana Wisata Indah sebagai pengelola bekerjasama dengan masyarakat sekitar untuk membuat beberapa spot untuk berswafoto. Dalam upaya membuka lapangan kerja, sehingga setiap pengunjung yang ingin berfoto di area tersebut dikenakan biaya sebesar Rp 20.000,-/orang. Upaya tersebut dinilai berhasil, terlihat dari banyaknya pengunjung yang rela mengantri demi mendapat giliran untuk berfoto.

Fasilitas Perkemahan yang Lengkap

Tempat Wisata Gunung Pancar memiliki luas hingga 447,5 ha. Pengelola memanfaatkannya untuk lahan perkemahan yang bisa disewa untuk kemah, foto prewedding, foto buku tahunan sekolah, dan acara pernikahan. Terbagi menjadi beberapa area seperti lembah pakis, lembah hijau, bukit batu hijau, bukit batu gede, dan bukit gajah. Dengan harga sewa permalam mulai dari Rp2.500,000,- hingga Rp3.700,000,-.

“Total area yang sudah bagus disini ada lima. Kapasitasnya mulai dari 150 – 600 orang. Kemudian perkemahan disini difasilitasi dengan ranger dan pengamanan lingkungan di dalam sekitar area kemah dipertanggungjawabkan dari hari datang hingga pulang nanti,” tutur Abdul, seorang Ranger, ketika ditemui di ground lembah hijau.

Pengunjung yang ingin berkemah memesan sesuai tanggal yang ditentukan melalui kantor pusat pelayanan. Untuk penguatan tanggal, maka pembayaran dilakukan sesuai kesepakatan.

“Baru pertama kali coba ngadain acara camping di Gunung Pancar bersama anak teater, pelayanannya bagus. Disediakan ranger selama tiga hari menginap, penambahan lampu juga di beberapa area yang kami butuhkan, toilet dan musholla juga ada. Lengkap banget lah pokoknya. Memuaskan,” jelas Rasyid, salah satu pengunjung perkemahan.

You Might Also Like

0 komentar