Tanah Abang Explorer Bantu Mobilitas Warga

September 11, 2019


Bus “Tanah Abang Explorer” saat melintas di Kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Bus ini merupakan transportasi massal gratis yang diadakan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Kehadiran "Tanah Abang Explorer" rupanya sangat membantu mobilitas masyarakat dan pejalan kaki di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Hal ini dikarenakan layanan tersebut disediakan secara gratis oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan ditunjang keamanan dan kenyamanan bagi penumpang.

Layanan bus gratis "Tanah Abang Explorer" mulai beroperasi sejak penutupan jalan di depan Stasiun Tanah Abang demi penataan kawasan Tanah Abang.

Dengan memulai perjalanan dari Stasiun dan mengitari kawasan Pasar Tanah Abang sejak pukul 07.00-16.00 WIB. Adapun rutenya adalah Halte Stasiun Tanah Abang, Halte Blok G, Halte Blok B, Halte Blok E, Halte AURI, dan berakhir di Halte Flyover Jati Baru. Tidak harus berhenti di 6 halte saja, namun penumpang bisa memberhentikan bus ini di sembarang tempat.  

Dengan jumlah bus yang beroperasi sebanyak 15 unit setiap harinya, bus ini menjadi alternatif bagi pengunjung. Mengingat jalan di sekitar Pasar Tanah Abang selalu ramai lalu lalang kendaraan. Banyak masyarakat yang merasa terbantu.

"Dulu saya kalau mau ke Tanah Abang naik mikrolet, setelah tahu ada bus gratis, saya mulai menggunakan bus gratis. Ya lumayan jadi irit ongkos," ujar Ratna, salah satu penumpang ketika ditemui pada Kamis (3/5).

Di dalam bus terdapat sekitar 43 kursi penumpang, dan 22 pegangan tangan bagi mereka yang berdiri. Bus juga dilengkapi dengan pendingin ruangan serta layar datar 29 inci yang dipasang di bagian tengah mobil dan ada kamera pengawas (CCTV) yang sengaja dipasang untuk memantau penumpang di dalam maupun area di luar bus.

You Might Also Like

0 komentar