Wisata Buku di Pasar Kenari

October 04, 2019

Tampak depan gedung Pasar Kenari. (Dok. Pribadi)

Masyarakat sekitar mungkin mengenal Pasar kenari yang terletak di Salemba, Jakarta Pusat ini sebagai sentra alat listrik. Namun, hal tersebut nampaknya tidak akan berlaku lagi semenjak adanya relokasi kios buku dari Kwitang dan Pasar Senen. Banyak pedagang Kwitang dan Pasar Senen yang dipindahkan ke kios-kios di lantai tiga bangunan Pasar Kenari.

Pengunjung akan disambut oleh ruangan sejuk dengan kios-kios pedagang yang berisi tumpukan buku. Ruangan yang didominasi warna cat putih inilah yang menjadi tempat para pedagang untuk berjualan buku.

Deretan kios buku Pasar Kenari. (Dok. Pribadi)

Beragam buku dapat ditemui di sini, mulai dari buku bacaan anak-anak, buku pelajaran sekolah, buku studi untuk kuliah, novel, kamus, hingga kitab suci. Tentunya, dengan beragam bahasa.

Meskipun tempat di Pasar Kenari lebih baik dan nyaman daripada di Kwitang, Senen, hal ini tidak membuat harga buku yang dijual menjadi mahal. Harganya jauh lebih murah dibandingkan toko-toko buku ternama di ibu kota.

Toko buku JakBook milik Pemprov DKI. (Dok. Pribadi)

Lantai yang berisi kios-kios buku ini terdiri dari 66 pedagang dengan satu gerai besar buku bernama Jakbook, toko buku murah milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Para pecinta buku akan disuguhkan banyak pilihan di sini.

Pembeli pun bisa menegosiasikan harga kepada para pedagang buku di kios-kios ini. Sedangkan untuk di Jakbook, pembeli akan mendapatkan buku serta ATK dengan harga potongan hingga 25%.

Kawasan buku murah ini juga memiliki fasilitas menarik berupa ruang baca yang dilengkapi tempat duduk sehingga sangat nyaman. Pengunjung dapat membaca buku di area lesehan yang disediakan beralas rumput imitasi. Selain itu, pengunjung pun dapat melepas penat sekaligus bersantai di kedai kopi.

Bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke wisata buku murah Pasar Kenari ini dapat menggunakan transportasi berupa TransJakarta dan turun di Halte Salemba UI atau Kereta Commuterline lalu turun di Stasiun Cikini.

You Might Also Like

3 komentar

  1. Wah, baru tau ada pasar buku murah ternyata ya? Menarik, pengen berkunjung ke sana nanti deh hehehe makasih infonyaa...

    ReplyDelete
  2. Gimana sih cara kita meningkatkan minat baca buku fisik?

    ReplyDelete