Perawatan Rambut Bagi Hijabers

October 20, 2019

Ilustrasi by Pinterest

Banyak orang yang berpendapat bahwa rambut orang yang berhijab cenderung terhindar dari kerusakan karena terlindung dari sinar matahari langsung dan cuaca ekstrem.

Namun, nyatanya rambut para hijabers perlu perhatian khusus loh. Karena rambut yang tertutup hijab setiap hari rentan terhadap masalah seperti ketombe dan kerontokan. Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan dalam merawat rambut kamu.

1. Pilih Sisir yang Tepat
Untuk mencegah terjadinya rambut kusut dan mengurangi kerontokan akibat rambut patah, kamu perlu rutin menyisir rambut kamu minimal dua kali sehari. Lalu pilihlah sisir yang tepat, yaitu sisir yang memiliki rongga sedang. Sehingga, rambut akan terhindar dari kerontokan akibat patah. Selain itu, dengan menyisir rambut bisa membantu peredaran darah di kulit kepala. Jadi, jangan malas untuk menyisir rambut, ya!

2. Gunakan Shampo Khusus
Penggunaan shampo perlu diperhatikan juga, nih. Pilihlah shampo yang shampo ringan khusus kulit kepala sensitif sehingga dapat menyeimbangkan kondisi kulit dan mencegah ketombe juga rambut rontok. Usahakan juga untuk memilih shampo dan kondisioner yang ringan untuk mencegah rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh bahan kimia.

3. Vitamin Rambut Itu Penting
Penggunaan vitamin rambut itu sangat penting, lho, yaitu untuk menutrisi rambut dan mencegah rambut dari kerusakan. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun, minyak almond, minyak biji bunga matahari, atau vitamin rambut yang bisa kamu beli di toko kecantikan. Kamu juga harus rutin menggunakan masker rambut selama dua sampai tiga minggu sekali untuk menjaga rambut tetap sehat.

4. Jangan Ikat Rambut Terlalu Kencang
Mengikat rambut adalah hal yang pasti kamu lakukan sebelum menggunakan hijab, bukan? Namun, kamu harus menghindari mengikat rambut yang terlalu kencang, ya! Karena hal tersebut bisa merusak rambut serta memperparah kerontokan. Langkah yang tepat dalam mengikat rambut yaitu ikatlah dengan ikatan yang longgar.

5. Hindari Menggunakan Hijab Ketika
Rambut Basah
Menggunakan hijab ketika rambut masih dalam keadaan basah nampaknya pernah dilakukan oleh semua hijabers. Terlebih saat sedang terburu-buru. Sebenarnya, hal itu harus dihindari karena menggunakan hijab dalam keadaan rambut yang basah lebih sensitif dan rentan terhadap kerusakan. Mengikat dalam keadaan rambut basah dapat menyebabkan kerusakan helai rambut dan menyebabkan ketombe.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam merawat rambut bagi kamu yang berhijab. Semoga bermanfaat, ya!

Tulisan ini telah dimuat pada laman http://lifestyle-indonesia.com/tips-merawat-rambut-bagi-kamu-yang-berhijab/

You Might Also Like

1 komentar